Hikaru Nakamura: 'Catur online sebagai esport akan tetap ada'

Juli 01, 2023 ・0 comments

Hikaru Nakamura, streamer catur yang luar biasa dan peringkat 6 dunia, telah lama berada di garis depan dalam pembuatan konten catur, mempelopori pertumbuhan permainan di Twitch dan seterusnya dalam beberapa tahun terakhir.

Kami sempat mengobrol dengannya sebelum dia memulai usahanya untuk mempertahankan gelarnya di turnamen St. Louis Rapid & Blitz. Diskusi kami yang luas mencakup keadaan catur sebagai tontonan dan olahraga, menyeimbangkan streaming dan permainan kompetitif, dan masa depan permainan di ruang digital.

Nakamura memiliki wawasan yang unik dan pendapat yang kuat tentang catur sebagai bentuk hiburan dan pertanyaan yang muncul tentang olahraga saat FIDE bergulat dengan masalah zaman kita. Dia juga terus memimpin evolusi dan adaptasi konten catur sambil mempertahankan kehadirannya di level tertinggi kompetisi over-the-board.

Bagaimana Anda mempersiapkan turnamen saat ini, dengan streaming menjadi prioritas utama? Apakah rekor tak terkalahkan Anda di ajang tahun lalu lebih terasa sebagai inspirasi atau beban?

Nakamura: Saat ini, saya menyebut diri saya sebagai streamer pertama dan sebagai pemain catur kedua, karena prioritas saya telah bergeser dalam beberapa tahun terakhir. Ketika saya mendekati turnamen, tujuan utama saya adalah bermain dengan baik dan yang lainnya setelah itu adalah apa adanya. Saya ingin mendapatkan hasil yang bagus, hanya itu yang saya cita-citakan.

Yang mengatakan, jelas, saya adalah pemain yang kompetitif dan saya telah bermain catur sepanjang hidup saya, tetapi saya telah menemukan bahwa Anda tampil lebih baik jika Anda mengurangi tekanan pada diri sendiri. Hasil tahun lalu hampir mustahil untuk diulang, saya rasa tidak realistis untuk mengharapkan itu, terutama melawan medan yang jauh lebih kuat saat ini.

Bagaimana Anda menyeimbangkan kewajiban streaming dan persiapan catur Anda saat ini? Anda memang meluangkan waktu untuk mempersiapkan Turnamen Kandidat—apakah Anda melakukannya kali ini juga?

Ini sangat rumit. Kompetisi OTB tertentu jauh lebih penting daripada acara lainnya, tetapi jumlahnya sedikit dan jarang. Turnamen ini penting, tetapi Rapid Chess Championship baru-baru ini di chess.com juga menampilkan beberapa pemain yang berpartisipasi di St. Louis juga. Secara umum, saya tidak mengambil banyak waktu dari streaming saat ini untuk mempersiapkan acara seperti ini.

Turnamen Kandidat unik karena jika Anda memenangkan acara itu, Anda bermain di pertandingan kejuaraan dunia, jadi semua orang bersiap selama berbulan-bulan. Kebanyakan pemain mungkin belum melakukan lebih dari beberapa minggu persiapan khusus untuk St. Louis. Oleh karena itu, ini sedikit lebih santai dan Anda bisa bermain sendiri di turnamen.

Apakah ini juga berlaku untuk acara dengan kontrol waktu klasik, seperti Sinquefield Cup yang akan datang?

Saya akan mengatakan itu adalah hal yang sama — mungkin satu perbedaannya adalah Anda dapat memulihkan dari sedikit kesalahan dalam permainan cepat dan cepat, dan terkadang waktu ikut bermain, dan Anda ingin memainkan gerakan yang lebih mudah daripada mencoba menemukan yang terbaik. Beberapa pengambilan keputusan berbeda. Saat Anda melakukan persiapan untuk permainan klasik, Anda merasa satu kesalahan dapat mengakhiri permainan Anda, sehingga Anda lebih fokus.

Apa hal terpenting yang tidak dipahami penggemar kasual tentang permainan kompetitif?

Ada kesenjangan peringkat 1.000 poin antara pemain amatir yang kuat dan saya sendiri. Pada saat yang sama, jarak antara pemain seperti saya atau Magnus dan Stockfish juga sekitar 1.000 poin. Hampir tidak ada cara untuk memasukkannya ke dalam perspektif. Saat penggemar melihat ke standar dan bertanya, “Bagaimana pemain terbaik di dunia melewatkan semua kemenangan mudah ini?” atau “si anu memenangkan posisi”, seringkali tidak jelas sama sekali bagi kita.

Dalam acara Titled Tuesday terakhir, semua orang mengatakan “Magnus kalah” di obrolan saya pada satu titik. Saya melihatnya dan menemukan bahwa posisinya sangat rumit, mungkin dengan satu atau dua gerakan bagi lawan untuk mempertahankan keunggulan mereka. Waktu rendah, posisi rumit: mudah membingungkan apa yang dikatakan bilah evaluasi dengan kenyataan di atas papan. Dan Magnus akhirnya memenangkan permainan itu.

Apakah menurut Anda bilah evaluasi meningkatkan pengalaman menonton turnamen?

Oh, benar-benar. Saya pikir ini dulunya adalah salah satu masalah terbesar dengan siaran catur di masa lalu. Ketika orang mencoba untuk mendapatkan permainan di televisi, poker adalah perbandingan langsung, dengan matematika ditampilkan dengan jelas di layar untuk membuatnya lebih mudah untuk mengikuti apa yang terjadi. Ini lebih rumit dalam catur dan Anda tidak bisa hanya menambahkan nilai bidak untuk memahami posisinya. Saya pikir bilah adalah cara terbaik untuk menampilkan ketidakseimbangan dan memberi pemain biasa gambaran tentang apa yang terjadi di papan.

Bisakah catur klasik dijadikan produk siaran yang bagus untuk era online?

Saya pikir itu pasti mungkin untuk melakukan itu, tetapi itu harus lebih tentang kepribadian. Pada akhirnya, masalah terbesar dengan catur klasik adalah banyaknya undian. Itu tidak bisa dihindari karena pemain membuat lebih sedikit kesalahan, tetapi orang ingin melihat pemenang. Di sebagian besar olahraga, mungkin selain sepak bola, undian jarang terjadi.

Kemungkinan game yang cukup membosankan dari awal sampai akhir pasti bikin susah juga. Itu sulit. Ada tempat untuk catur klasik tetapi banyak yang tergantung pada pemain dan semacam semangat bermain game yang lebih agresif dan menarik. Dalam acara teratas mutlak, di mana semuanya didasarkan pada peringkat dan pemain memiliki begitu banyak waktu untuk menyusun strategi, ini jarang terjadi.

Perubahan format terus didiskusikan di ruang catur. Piala Amerika memiliki format eliminasi ganda, Catur Norwegia mengikuti undian klasik dengan penentuan kontrol waktu yang lebih cepat. Apakah salah satu dari ini menarik bagi Anda?

Sesuatu antara cepat dan klasik paling masuk akal bagi saya, di suatu tempat di sepanjang garis apa yang mereka lakukan di Piala Amerika. Catur benar-benar berubah. Secara historis, ada alasan mengapa orang memiliki waktu selama ini: 100 hingga 150 tahun yang lalu, pemain tidak memiliki pengetahuan tentang fase pembukaan dan mulai berpikir hanya setelah dua atau tiga langkah. Saat ini, pemain tingkat atas dapat memainkan 10 hingga 15 gerakan pertama dalam beberapa menit. Itu berarti mereka memiliki terlalu banyak waktu untuk sisa permainan, di mana hal-hal telah disederhanakan di papan.

Secara umum, jarang terlihat banyak blunder. Tentu saja, Magnus masih memenangkan banyak pertandingan, tetapi pada akhirnya, saya yakin akan semakin sedikit hasil yang menentukan karena kemajuan dalam teori pembukaan. Game yang sedikit lebih pendek di mana pemain masih memiliki cukup waktu untuk berpikir di saat-saat kritis tertentu bisa menjadi cara yang harus dilakukan.

Mungkin ini juga berlaku untuk Kejuaraan Dunia?

Akan sangat menarik untuk melihat apa yang akan terjadi sekarang setelah Magnus keluar dari pertandingan. Sulit untuk melihat dunia di mana Anda memiliki juara dunia yang belum mengalahkan siapa yang jelas-jelas pemain terbaik di dunia saat ini. Saya pikir perubahan akan datang, tetapi siapa yang tahu apakah itu akan menjadi persis seperti yang diinginkan Magnus untuk siklus terakhir ini.

Pihak-pihak seperti chess.com dan saya sendiri sangat menyukai catur yang lebih cepat dan membawa game tersebut ke audiens online. FIDE tidak melakukan pekerjaan yang baik dengan itu dan tidak terlalu menyadari hal ini, dan saya pikir ini adalah bagian dari mengapa mereka berjuang untuk mendatangkan sponsor perusahaan besar.

Setiap orang memiliki visi yang berbeda tentang ke mana arah catur tetapi saya optimis. Jika Magnus tidak terlibat, akan sangat sulit mempertahankan minat pada pertandingan kejuaraan dunia mana pun.

Melihat kembali para Kandidat, bagaimana perasaan Anda tentang kinerja Anda sebagai pemain dan sebagai pembuat konten?

Bagi saya, itu sukses besar. Satu-satunya penyesalan saya dalam kompetisi adalah penampilan saya di Turnamen Kandidat 2016 di Moskow. Saya memberi terlalu banyak tekanan pada diri saya sendiri, dan saya tampil sangat buruk: saya tidak pernah benar-benar bertengkar. Kali ini, meskipun saya tidak memenangkan acara dan itu tidak realistis pada titik tengah, saya pikir saya tampil sangat baik, dan saya memainkan turnamen dengan cara saya sendiri. Tentu saja, sangat disayangkan bahwa saya kalah di babak terakhir dan kehilangan tempat kedua, tetapi saya telah membuktikan kepada diri saya sendiri bahwa jika ada beberapa hal yang membuat saya gagal, saya bisa bermain di pertandingan kejuaraan dunia.

Sebagai pembuat konten, saya tidak berharap begitu banyak orang menonton rekap saya. Bukan hanya dari dunia catur, tetapi juga kerabat yang saya kenal yang tidak tertarik dengan catur juga menemukan mereka. Saya pikir ada potensi model di mana pemain dapat membawa game ke publik dalam bentuk ini dan bisa menambahkan banyak hal ke game.

Yang mengatakan, karena saya telah pindah lebih ke ruang pembuat konten, saya cenderung jauh lebih terbuka dalam apa yang saya bicarakan dalam rekap saya. Banyak pemain catur menyimpan kartu mereka di dekat peti dan bahkan mungkin berbohong tentang persiapan mereka, menggertak tentang garis mana yang mereka lihat dalam wawancara pasca-pertandingan.

Dalam beberapa hal, ini akan mirip dengan bagaimana tim esports mengedit dan menyiarkan komunikasi mereka sebagai permainan. Apa pendapat Anda tentang diskusi “catur sebagai esport”? Apakah menurut Anda perbandingan itu tepat, atau hanya semantik?

Saya pikir gagasan catur online sebagai esport akan tetap ada, kami telah membuktikannya dengan Meltwater Chess Tour dan acara chess.com. Ide acara LAN di arena, seperti RLCS, agak dipertanyakan bagi saya ketika Anda bisa mengeluarkan papan catur kayu dan memainkan game tanpa koneksi internet.

Menurut Anda, berapa ELO rata-rata pemirsa Anda? Apakah ini mengubah cara Anda mendekati pemecahan game selama bertahun-tahun?

Nilai inti saya adalah untuk tidak pernah membodohi analisis saya tentang permainan. Setelah melakukan ini sejak 2019, saya menemukan cara untuk membuatnya menarik tetapi tanpa melepaskan kemampuan saya untuk bermain di level ini. Saya pikir ada cukup banyak amatir semi-serius, di suatu tempat antara level 1000-1500 ELO, yang mungkin memainkan dua atau tiga turnamen tetapi tidak lebih dari itu.

Ada juga pemain kelas dunia yang mendengarkan, dan ada juga yang tidak memainkan game itu sendiri sama sekali. Saya pikir ini karena saya tidak hanya berbicara tentang permainan, tetapi saya juga berbagi cerita tentang para pemain dan kepribadian, perjalanan saya, dan topik lainnya.

Formasi turnamen masih terpengaruh oleh COVID dan masalah visa. Menurut pendapat Anda, apakah hasil catur dua tahun terakhir akan dilihat dengan tanda bintang di masa depan?

Banyak pecatur puritan terus mengatakan betapa berbedanya catur online dari pengalaman over-the-board. Ada satu masalah dengan ini: pemenang Tur Catur Juara Meltwater adalah Magnus. Baru-baru ini, di Kejuaraan Catur Cepat, saya kalah dalam pertandingan terakhir dari Ian Nepomniachtchi. Dia memenangkan Turnamen Kandidat. Anda masih melihat pemain yang sama di atas.

Saya tidak berpikir akan ada tanda bintang: satu hal yang sering kita lihat adalah perolehan peringkat besar-besaran dari para pemain junior yang tidak dapat memainkan turnamen OTB dalam dua tahun terakhir, dan ini juga karena studi dan game online yang dapat mereka mainkan selama waktu itu.

Apa selanjutnya untuk catur (dan konten catur)? Apakah “ledakan pandemi” sepenuhnya di belakang kita?

Pertama-tama, saya akan membedakan antara dua boom. Pertama, ketika penguncian terjadi dan saya berkolaborasi dengan xQc dan banyak pembuat konten besar lainnya: melihat kembali, itu sangat besar di Twitch dan itu adalah dorongan besar untuk saluran saya, tetapi itu eksklusif untuk platform. Kemudian, pada akhir tahun, The Queen’s Gambit keluar, dan membawa banyak pengikut yang tidak akan pernah terlibat dengan catur jika tidak.

Ya, ledakan khusus dari seri itu pasti telah mereda. Kembali pada awal tahun 2021, saya mendapatkan sekitar 30.000 penonton, apa pun yang saya lakukan. Hari-hari itu telah berlalu, tetapi bagi saya, ledakan Twitch terasa seperti ledakan OG. Melihat statistik sekarang, jumlah penonton serentak saya tidak terlalu jauh dari sebelumnya pada tahun 2020. Saya tidak benar-benar merasa booming sudah berakhir: Saya pikir akan ada periode di mana jumlahnya akan terus berlanjut. melonjak dan lantai secara signifikan lebih tinggi daripada sebelum pandemi. Saya tidak setuju dengan gagasan bahwa catur online sedang sekarat — akan selalu ada acara besar yang akan membawa banyak minat pada permainan, dan itu berjalan dengan cukup baik secara keseluruhan.

Jangan lupa kunjungi top up domino murah 2k

Posting Komentar

Jika kamu tidak bisa berkomentar, gunakan google chrome.